KAPTALISME

Pengertian Kapitalisme

Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan penuh bagi tiap orang untuk mengendalikan kegiatan ekonomi seperti perdagangan, industri, dan alat-alat produksi dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam pengertian lain, kapitalisme merupakan sistem ekonomi di mana semua kegiatan ekonomi dilakukan oleh pihak swasta dan bukan pemerintah. Di sini, tugas pemerintah hanya sebagai pengawas saja.

Sistem ekonomi kapitalis adalah merupakan sebuah sistem organisasi ekonomi yang dicirikan oleh hak milik privat atas alat-alat produksi dan distribusi dan pemamfaatannya untuk mencapai laba dalam kondisi yang sangat komfetitif.kapitalisme ini hasil dari pemikiran Adam Smith,Smith adalah tokoh mazhab klasik di mana para ahli ekonomi dunia menilai bahwa pemikiran mazhab klasik merupakan dasar sistim ekonomi kapitalis. Doktrin yang diajarkan melalui bukunya “ the Welth Of nation “ menerangkan pilar-pilar dari kapitalisme dengan konsep “laissez faire” dan prinsif “the invisible hand”inilah yang menjadi pijakan dalam kerangka dasar teori system ekonomi kapitalis, yaitu tentang nilai barang dan jasa,struktur harga,yakni harga dalam area produksi,harga dalam menentukan komsumsi dan harga dalam metode menentukan produksi,dasar pemikiran teori Adam Smith mampu bertahan sampai terjadinya depressi ekonomi tahun 1929,pada saat itu J.M Keyness tampil dan berhasil mengungkapkan suatu teori bahwa system ekonomi yang baru dan lebih baik dapat dibangun,pemikiran Keynesian memerlukan adanya intervensi pemerintah dalam menentukan kebijakan ekonomi,ini merupakan awal jatuhnya system ekonomi kapitalis,akan tetapi waktu berjalan selama kurang lebih 30 tahun terjadi krisis minyak dunia tahun 1973, system ekonomi kapitalis kembali tampil dengan nama baru neoliberalisme.

Berikut ini beberapa pengertian menurut ahli

1. Karl Marx

Kapitalisme adalah suatu sistem di mana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh pemilik modal supaya mencapai keuntungan yang maksimal.

2. Adam Smith

Kapitalisme merupakan suatu sistem yang bisa menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat negara apabila pemerintah tidak mengintervensi kebijakan dan mekanisme pasar.

3. Max Weber
Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang berlaku pada suatu pasar dan dipacu untuk menghasilkan keuntungan dengan kegiatan tukar menukar di pasar tersebut.

4. Ir. Soekarno

Kapitalsime ialah suatu sistem sosial dalam masyarakat yang muncul karena cara produksi yang memisahkan kaum buruh dari alat-alat produksi.

5. J.M. Romein

Kapitalisme ialah sistem ekonomi yang memiliki tujuan untuk mengadakan kegiatan produksi dengan tujuan menghasilkan keuntungan.
Tokoh Kapitalisme

Kapitalisme biasanya dikaitkan oleh Karl Marx. Namun, sayangnya hal ini tidak tepat, Quipperian karena ternyata tokoh kapitalisme ialah Adam Smith. Adam Smith merupakan tokoh ekonomi kapitalis klasik yang mengkritik sistem merkantilisme yang ia anggap kurang mendukung ekonomi masyarakat pada kala itu.

Ia berpendapat bahwa gerakan produksi harus bergerak sesuai konsep MCM atau modal-comodity-money, yang akan jadi siklus non stop karena uang berubah jadi modal lagi dan bisa berputar lagi apabila diinvestasikan.

Adam Smith memandang pasar harus memiliki laissez-faire atau kebebasan dari intervensi pemerintah, sehingga pemerintah hanya bertugas sebagai penagwas dari semua pekerjaan yang dilakukan masyarakat.
Ciri-ciri Kapitalisme

Berikut ini ciri-ciri kapitalisme yang harus kamu ketahui
    Pengakuan atas hak-hak pribadi masing-masing individu.
    Pemilikan alat-alat produksi oleh individu.
    Individu bebas memilih pekerjaan atau usaha sendiri.
    Ekonomi diatur oleh mekanisme pasar.
    Pemerintah punya peran yang amat kecil dalam kegiatan ekonomi.
    Motif yang menggerakkan perekonomian ialah untuk mendapatkan laba.
    Manusia dipandang sebagai homo-economicus, yakni pribadi yang selalu mengejar keuntungan sendiri.
    Paham individualisme didasarkan materaliasme atau hedonisme (warisan zaman Yunani Kuno).

Kapitalisme di Indonesia

Kapitalisme yang terus tumbuh di Indonesia sampai saat ini ternyata tidak lepas dari pengaruh kolonialisme Belanda, lho. Kamu tentu masih ingat masa berlakunya sistem tanam paksa dari VOC, kan? Peristiwa itulah yang jadi akar kapitalisme di Indonesia.

Kekejaman sistem tanam paksa oleh Belanda ini jadi bentuk nyata dari kapitalisme, yakni Belanda memeras kekayaan pribumi demi memenuhi kepentingan pemerintahannya sendiri.

Setelah sistem tanam paksa ini hilang dan Indonesia merdeka, kapitalisme di Indonesia berkembang dengan bentuk imperialisme baru. Pada masa Orba, modal-modal asing mulai masuk ke Indonesia dan gap antar masyarakat yang punya modal dan tidak punya modal pun makin terlihat.

Sayangnya, sampai saat ini sistem kapitalisme masih berkembang di Indonesia. Bisa kita lihat di mana kekayaan sumber daya Indonesia masih dieksploitasi oleh negara-negara lain. Meski begitu, kita pun bisa melihat upaya Pemerintah Indonesia untuk mencegah hal tersebut terus terjadi, bisa dilihat dari kasus Freeport di Papua yang akhirnya 51% saham bisa dikuasai oleh Indonesia.
Perbedaan Kapitalisme, Sosialisme, dan Liberalisme

Nah, Quipperian, kamu mungkin bingung ya sebenarnya apa perbedaan dari tiga istilah ini, sih? Kalau gitu, langsung saja Quipper Blog beritahu perbedaannya, ya.

    Kapitalisme: Sistem ekonomi yang memberikan kebebasan penuh terhadap individu atau sektor swasta untuk bisa berperan aktif dalam kegiatan ekonomi demi mendapatkan keuntungan.
    Sosialisme: Serangkaian sistem ekonomi dan sosial yang ditandai dengan kepemilikan sosial atas alat-alat produksi dan manajemen mandiri pekerja.
    Liberalisme: Sebuah ideologi, pandangan, atau tradisi politik berdasarkan pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama. Liberalisme punya cita-cita agar masyarakat bisa bebas, terutama bebas berpikir bagi masing-masing orang.

Tujuan Sistem Ekonomi Kapitalis

Sistem ekonomi kapitalis bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional dan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan bagi masyarakat, sistem ekonomi dapat dijadikan sebagai bahan ajaran dan ilmu pengetahuan. Negara yang menganut sistem ekonomi kapitalis adalah Amerika Serikat dan Inggris. Kapitalisme sangat menjunjung tinggi hak-hak kepemilkian individu terhadap sumber daya ekonomi bahkan, walaupun hak individu ini dalam keadaan bertentangan dalam hak sosial sekalipun.

Dalam kapitalisme individu berada diatas masyarakat. Kapitalisme dalam menimbulkan permasalahan yang rumit bagi masyarakat. Pengutamaan hak-hak individu dalam kapitalisme sering kali memunculkan konflik kepentingan antar anggota masyarakat. Dalam konflik seperti ini biasanya masyarakat miskin akan kala oleh kelompok kaya yang mengusai sumber daya ekonomi lebih banyak. Tujuan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat banyak dan sering kali di korbankan atau sebaliknya terkorbankan oleh kepentingan-kepentingan individu.

Konsep dari ekonomi kapitalis dimana sumber kekayaan itu sangat langka dan harus diperoleh dengan cara bekerja keras di mana setiap pribadi boleh memiliki kekayaan yang tiada batas, untuk mencapai tujuan hidupnya.

Dalam sistem ekonomi kapitalis perusahaan di miliki oleh perseorangan. Terjadinya pasar (market) dan terjadinya demand and surpply adalah ciri khas dari ekonomi kapitalis. Keputusan yang diambil atas isu yang terjadi seputar masalah ekonomi sumbernya adalah dari kalangan kelas bawah yang membawa masalah tersebut ke level yang lebih atas. Masyarakat kapitalis dibangun di atas ekonomi pasar, yaitu suatu sistem ekonomi yang dikontrol, diatur, dan diarahkan oleh pasar itu sendiri.

Kelemahan dan Kelebihan Sistem Ekonomi Kapitalis

Kelemahan yang sangat mendasar dalam sistem ini yaitu: Konsep kapitalis cenderung memahami pertumbuhan ekonomi lebih harus diperhatikan dari pada pemerataan ekonomi. Karena mereka beranggapan bahwa pemerataan akan timbul setelah adanya pertumbuhan ekonomi. Kebijakan ini merupakan dampak dari mekanisme modal yang cenderung berputar pada kalangan pengusaha.

Bila seorang pengusaha mendapatkan suatu keuntungan maka secara tidak langsung akan digunakan untuk memnuhi kebutuhan masyarakat. Kebijakan ini akan menjadi kesejahteraan masyarakat teraibakan. Selanjutnya masyarakat diberi kebebasan penuh dalam menjalankan kegiatan ekonomi yang dimana dalam sistem ini pemerintah tidak mempunyai hak untuk turut serta dalam mengatur sumber daya ataupun kegiatan ekonomi, karena jika pemerintah ikut campur maka akan terjadi distorsi pasar.

Sedangkan kelebihan dari sistem ekonomi kapitalis yaitu menimbulkan inisiatif dan kreatif masyarakat dalam kegiatan ekonomi, karena masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah atau komando dari pemerintah, menghasilkan barang-barang yang bermutu tinggi karena adanya persaingan dan efektifitas dan efesiensi tinggi karena setiap tindakan ekonomi didasarkan motif mencari keuntungan.

 Setujuhkah Anda Diberlakukannya Sistem Ekonomi Kapitalis??

Setuju tidak setujuhnya diterapkan sistem ekonomi kapitalis di Indonsesia, menurut saya tidak setujuh sebagaimana kita ketahui bahwa sistem ekonomi kapitalis ini mempunyai konsep untuk kepentingannya sendiri (egois) dan menerapkan kegiatan ekonomi secara bebas serta dalam sistem ekonomi ini menggunakan semboyan "laissez faire, laissez passer" (biarkan segala sesuatu terjadi, biarkanlah segala sesuatu berlangsung) dapat diartikan bahwa tidak adanya intervensi dari pemerintah dalam perekonomian sehingga timbullah kebebasan ekonomi dan sifat individualisme.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.