SYRIA GABUNG OBOR


Damaskus, SANA- Forum "Sabuk dan Jalan" (BRF) Kedua untuk Kerjasama Internasional berhasil diselenggarakan oleh Cina di Beijing pada 26 dan 27 April dengan tema "Membangun Sabuk dan Jalan dan Menciptakan Masa Depan yang Indah".

Selama forum, pertemuan meja bundar, pertemuan tingkat tinggi, 12 seminar dan konferensi bisnis diadakan.

Pertemuan meja bundar dihadiri oleh 40 pemimpin, termasuk 38 kepala negara dan pemerintahan, Sekretaris Jenderal PBB, Direktur Dana Moneter Internasional (IMF). Penasihat Politik dan Media Presiden Dr. Bouthaina Shaaban mewakili Suriah di Forum.

Selama forum tersebut, Presiden Tiongkok Xi Jinping menghadiri sesi pembukaan, menyampaikan pidato utama, memimpin semua pertemuan meja bundar dan bertukar pandangan dengan semua pihak yang berpartisipasi dalam pembangunan "Belt and Road". Semua setuju bahwa "Belt and Road" adalah inisiatif yang diisi dengan kesempatan ketika mereka mencapai konsensus luas pada konstruksi "Belt and Road" berkualitas tinggi dan mencapai 283 prestasi dari enam kategori.

Presiden Tiongkok mengedepankan inisiatif penting untuk membangun "Belt and Road" berdasarkan visinya yang konsisten dengan realitas pembangunan Tiongkok dan kerja sama internasional.

Ini adalah inisiatif oleh China untuk semua negara untuk memenuhi tantangan bersama dan melengkapi tata kelola ekonomi global. Ini bertujuan untuk mendorong negara-negara untuk mempromosikan harmonisasi strategi pembangunan, fokus pada komunikasi, memperdalam kerja sama praktis dan untuk mencapai pembangunan bersama.

Sejak diluncurkan pada 2013, inisiatif “Belt and Road” telah menerima dukungan positif dan sambutan hangat dari komunitas internasional.

Selama enam tahun terakhir, pencapaian nyata dan berbuah telah dicapai. Lebih dari 150 negara dan organisasi internasional telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan China di bawah inisiatif "Belt and Road". Semua hasil sesi pertama Forum dilakukan dengan lancar.

Volume perdagangan antara Cina dan negara-negara yang berpartisipasi dalam pembangunan "Belt and Road" telah melebihi $ 6 triliun, investasi melebihi $ 80 miliar dan 82 wilayah kerja sama antara Cina dan negara-negara yang berpartisipasi telah menciptakan 300.000 pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

Forum ini adalah platform tertinggi untuk kerja sama internasional dalam kerangka “Belt and Road”. Ini bertujuan untuk mengkristalisasi konsensus internasional mengenai inisiatif dan memetakan kerjasama.

Suriah telah memiliki posisi penting di Jalur Sutra sejak zaman kuno di mana produk-produk Cina seperti sutra dan porselen dijual ke Asia Barat.

Koneksi antara Cina dan Suriah dimulai pada seribu tahun yang lalu, di mana Tadmour (Palmyra) menjadi pusat perdagangan penting antara Timur dan Barat. Oleh karena itu, Cina dan Suriah adalah mitra alami dan ada landasan yang kuat dan cakrawala yang menjanjikan untuk kerja sama antara kedua negara di bawah "Belt and Road" karena persahabatan sejarah yang menghubungkan mereka.

Meskipun kerja sama komprehensif antara kedua negara masih menghadapi beberapa kesulitan nyata akibat dari krisis di Suriah, pihak China selalu mengikuti perkembangan situasi di Suriah dan menyerukan semua pihak yang berkepentingan untuk mencapai perdamaian dan keamanan di Suriah melalui proses solusi politik yang komprehensif.

Hari ini, kecepatan komunikasi antara kedua negara telah kembali secara bertahap dan upaya besar telah dilakukan untuk mempromosikan pembangunan ekonomi di Suriah, meningkatkan kehidupan rakyatnya dan mendukung upayanya untuk memerangi terorisme melalui berbagai bantuan kemanusiaan dan proyek pelatihan yang disediakan.

Di masa depan, Cina akan secara aktif berpartisipasi dalam rekonstruksi ekonomi dan sosial di Suriah dan memberikan kontribusinya bagi keamanan, kebahagiaan, dan kesejahteraan rakyat Suriah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.