BEASISWA KE RUSSIA 2019

 Setiap tahun, pemerintah Rusia membuka pendaftaran program kuliah berbeasiswa untuk para mahasiswa asing. Program beasiswa dibuka untuk jenjang pendidikan S-1 (empat tahun), S-2 (dua tahun), dan Spesialis (lima tahun). Masing-masing jenjang pendidikan ini sebelumnya didahului dengan program bahasa Rusia di fakultas persiapan selama satu tahun (gratis sebagai bagian dari program beasiswa).

Mulai 2016, Rossotrudnichestvo, lembaga negara yang mengurus penerimaan dan pendistribusian aplikasi mahasiswa asing, menyederhanakan proses pendaftaran bagi calon mahasiswa asing untuk kuliah di Rusia. Jika sebelumnya pendaftar harus mengurus aplikasi dengan mendatangi cabang Rossotrudnichestvo di masing-masing negara — dalam hal ini Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) di Jakarta — kini pendaftar cukup mengirim aplikasi secara online di situs RUSSIA.STUDY.

Jika Anda lulus seleksi, Anda akan dihubungi untuk diwawancara atau menjalani tes. Dengan demikian, cara ini dianggap lebih nyaman karena seseorang hanya perlu ke PKR ketika ia dinyatakan lulus seleksi dan dipanggil untuk menjalani tahap wawancara sekaligus menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
Cari Jurusan dan Universitas

Sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah mengetahui jurusan dan universitas mana yang hendak Anda pilih. Dalam aplikasi beasiswa, Anda bisa memilih hingga enam universitas. Kementerian Pendidikan Rusia akan menempatkan Anda pada salah satu dari keenam pilihan tersebut.

Untuk mencari tahu jurusan dan universitas apa saja yang menerima mahasiswa asing, kunjungi situs Pendidikan di Rusia untuk Warga Asing. Secara bawaan, situs ini akan tampil dalam bahasa Rusia. Anda dapat dengan mudah mengganti tampilan situs dengan bahasa Inggris dengan mengklik tombol pemilihan bahasa di pojok kanan atas, dan memilih bahasa Inggris.

Pertama, pilih tingkat pendidikan yang Anda ingin jalani di Rusia (S-1, S-2, S-3, atau spesialis). Kedua, Anda akan diminta memilih induk ilmu pengetahuan dari jurusan yang hendak Anda cari, seperti ilmu alam, ilmu sosial, ilmu humaniora, teknik, dan sebagainya. Baru setelahnya Anda akan diminta untuk memilih secara spesifik program studi yang Anda minati, misalnya, jurnalisme.

Setelah itu, Anda akan diberikan data mengenai universitas mana saja yang membuka program studi pilihan Anda. Anda bisa mengklik satu per satu nama universitas yang diberikan untuk melihat detail mengenai kampus, peta lokasi universitas, bahkan informasi biaya akomodasi per bulan di setiap kampusnya.
Proses Pendaftaran dan Seleksi Beasiswa

Pendaftaran beasiswa pemerintah Federasi Rusia tahun 2017 telah dibuka. Selain program beasiswa untuk jenjang pendidikan S-1 hingga S-3, ada pula program pelatihan selama tiga, lima, atau sepuluh bulan sesuai dengan spesialisasi yang aktif ditekuni calon peserta, seperti dosen, guru, atau pekerjaan profesional lainnya. Untuk program pelatihan ini, tidak terdapat kuliah bahasa Rusia. Para pendaftar diasumsikan cukup memahami kata-kata khusus di bidang yang akan ditempuh.

Untuk memulai, Anda harus terlebih dulu mendaftar di situs resmi penerimaan mahasiswa asing untuk belajar di Rusia, RUSSIA.STUDY. Isi aplikasi dan unggah semua dokumen yang diperlukan mulai 16 Januari – 3 Maret 2017.
Panduan Mendaftar di RUSSIA.STUDY

Buka situs http://russia.study/en untuk mendaftar. Klik “register” di pojok kanan atas. Waktu yang dibutuhkan untuk mendaftar hanya sekitar 20 menit.

1. Verifikasi Email

Cek kotak masuk email yang Anda daftarkan pada formulir registrasi. Anda akan menerima email dari RUSSIA.STUDY untuk memeverifikasi akun Anda. Klik tautan pada email yang Anda terima.Halaman situs RUSSIA.STUDY akan kembali terbuka dan mengonfirmasi bahwa akun Anda telah terverifikasi. Pada halaman itu, Anda juga akan menerima nomor registrasi Anda. Setelah itu klik “log into website” untuk memulai pendaftaran.

2. Pengisian Aplikasi

Setelah masuk ke dalam akun Anda, Anda akan diminta melengkapi data diri dan aplikasi pendaftaran.

    Nomor 1 – 8: data pribadi. Pada pertanyaan nomor 3 dan 4, Anda diminta menulis nama keluarga dan nama depan Anda dalam huruf Kiril. Namun, jika Anda tidak tahu bagaimana menuliskan nama Anda dalam huruf Kiril, Anda cukup menulis kembali nama keluarga dan nama depan dalam huruf Latin. Pertanyaan nomor 5 sama seperti pertanyaan nama patronimik pada halaman registrasi. Bagian ini opsional.
    Nomor 9 – 10: kewarganegaraan. Pada poin ke-10, ada boks kecil di bawah “Compatriot”. Bagian ini tak perlu dicentang.
    Nomor 11 – 13: kontak pribadi. Pada poin ke-13, Anda diminta memasukkan nomor ponsel Anda beserta kode negara Anda. Anda hanya perlu mengganti angka 0 yang mengawali nomor telepon anda dengan +62. Misalnya, jika nomor Anda 081234567890, Anda harus menulis: +6281234567890.
    Nomor 14 – 16: data paspor. Anda diminta memasukkan nomor paspor Anda, tanggal dikeluarkannya paspor, dan tanggal habis berlaku paspor.
    Nomor 17 – 20: latar belakang pendidikan. Pada poin ke-17, Anda diminta menyebutkan pendidikan terakhir Anda. Jika Anda hendak mengambil program S-1 di Rusia, pendidikan terkakhir Anda berarti SMA atau dalam ini: “Higher Secondary School Certificate (10 – 12 years)”. Setelah semua data pada halaman ini lengkap, klik “next”.
    Nomor 21 – 24: aplikasi. Pada poin ke-21, Anda diminta memilih jenis studi yang ingin Anda tempuh di Rusia, sedangkan di nomor 22 Anda diminta memilih tingkat pendidikan apa yang inginkan. Di bawah pertanyaan ini, ada boks kecil dengan tulisan “Probation” — biarkan kosong. Pada poin ke-23, pilih jurusan atau program studi yang Anda inginkan. Kecuali Anda mendaftar untuk program Ph.D., Anda tak perlu mengisi nomor 24.
    Nomor 25: pilihan universitas. Anda bisa memasukkan enam universitas yang menjadi tujuan studi Anda di Rusia. Pastikan Anda sudah mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, tak hanya mengenai universitas, tapi juga mengenai kota tempat kampus itu berada, dan segala informasi esensial lainnya yang dibutuhkan. Sebelum nomor 26, Anda akan melihat boks kecil yang menyatakan bahwa jika Anda tidak lulus seleksi beasiswa pemerintah, Anda akan mempertimbangkan untuk opsi berbayar. Jika Anda tidak setuju dengan pernyataan ini, tak perlu Anda berikan tanda centang.
    Nomor 26 – 27: bahasa. Pada bagian ini, Anda diminta menyebutkan kemampuan bahasa Anda. Secara bawaan, situs akan mengatur pilihan kemampuan bahasa Rusia kandidat sebagai “do not speak” (tidak berbicara bahasa itu). Namun, jika ternyata Anda sudah bisa atau memiliki kemampuan tertentu dalam bahasa Rusia, silakan diubah. Jika Anda tidak bisa berbahasa Rusia sama sekali maka Anda harus mencentang boks pernyataan pada nomor 27. Pernyataan itu mengonfirmasi bahwa Anda mau dan bersedia untuk masuk ke Fakultas Persiapan selama satu tahun sebelum memulai kuliah Anda.
    Nomor 28 – 29: prestasi. Poin ke-28 bukan sesuatu yang wajib diisi. Namun, jika Anda memang punya prestasi tertentu di bidang olahraga, silakan lengkapi bagian ini. Sementara, jika Anda punya prestasi lain di luar olahraga, silakan Anda cantumkan pada boks nomor 29. Jangan lupa untuk menyimpan aplikasi Anda dengan mengklik tombol “save”.

Setelah periode pendaftaran dan pengunggahan dokumen, pendaftar yang sudah diseleksi akan dipanggil untuk menjalani proses wawancara di PKR. Pada tahap ini, pendaftar juga harus membawa semua dokumen asli (bukan digital) yang sebelumnya sudah diunggah pada akun RUSSIA.STUDY Anda.

Masing-masing dokumen dibuat dua rangkap pada kertas ukuran A4. Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map karton kuning (untuk pendaftar S-1), map karton merah (untuk pendaftar S-2), map karton hijau (untuk pendaftar S-3), map karton biru (untuk pendaftar program pelatihan).

Jika Anda lulus seleksi wawancara, Anda perlu membayar sejumlah biaya untuk pemrosesan dokumen. Setelah dokumen diproses, PKR akan mengirimkannya ke Kementerian Pendidikan Rusia. Proses ini akan berlangsung pada Maret – April 2017.
Pada Mei – Juli 2017, Kementerian Pendidikan Rusia akan mulai menempatkan pendaftar di enam universitas usulan pendaftar. Jika aplikasi Anda ditolak dari keenam universitas yang Anda pilih, Kementerian Pendidikan Rusia akan menempatkan Anda di universitas lain. Pada Agustus 2017, Anda akan mendapat keputusan di universitas mana Anda diterima.

Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu invitation letter dari universitas terkait untuk membuat visa dan mempersiapkan keberangkatan ke Rusia. Di Rusia, tahun ajaran baru dimulai pada 1 September 2017.

Sebelum kuliah di jurusan pilihan, mahasiswa akan terlebih dulu kuliah di Fakultas Persiapan selama satu tahun untuk belajar bahasa Rusia (mulai 1 Oktober 2017). Program ini gratis karena merupakan bagian dari beasiswa. Seluruh penerima beasiswa wajib mengikuti program ini karena seluruh kuliah akan diberikan dalam bahasa Rusia.
Dokumen yang Diperlukan

Pendaftaran program beasiswa pemerintah Federasi Rusia tahun 2017 dibuka sejak 16 Januari hingga 3 Maret 2017. Dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran, antara lain:

    fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh SMA/SMK/perguruan tinggi;
        untuk pendaftar S-1, nilai rapor kelas X – XII SMA/SMK minimal 8,0 atau nilai ujian sekolah yang tertera di ijazah SMA/SMK 8,0, dengan usia maksimal 25 tahun;
        untuk pendaftar S-2, IPK minimal 3,20;
        untuk pendaftar S-3, calon peserta harus merupakan lulusan S-2 dari universitas di Rusia;
        untuk pendaftar yang langsung menuju fakultas spesialisasi dan sudah lulus mengikuti fakultas bahasa di Rusia selama satu tahun, sertakan pula sertifikat kelulusan fakultas bahasa;
        untuk pendaftar program pelatihan, sertakan ijazah terakhir atau transkrip nilai terbaru atau calon peserta setidaknya sudah pernah mengikuti kuliah S-1;
        untuk pendaftar program pelatihan, sertakan ijazah terakhir atau transkrip nilai terbaru atau calon peserta setidaknya sudah pernah mengikuti kuliah S-1;
    halaman identitas paspor (masa berlaku tidak kurang dari April 2019, informasi identitas harus benar — sama sekali tidak diperkenankan ada koreksi atau ralat);
    fotokopi medical certificate tahun 2017;
    akta kelahiran;
    surat pernyataan orang tua atau wali calon mahasiswa;
    foto bewarna dengan ukuran 4x6 (latar belakang putih) sebanyak 10 lembar;
    fotokopi sertifikat kompetisi dan penghargaan yang dimiliki;
    surat motivasi dan abstrak panjang rencana penelitian atau tugas akhir dalam Bahasa Indonesia atau Inggris sebanyak 2 – 5 halaman A4 (bagi yang belum pernah menempuh pendidikan di Rusia);
    abstrak panjang (extended abstract) dalam bahasa Rusia maksimal dua halaman bagi pendaftar S-2 atau S-3 lulusan Rusia, sedangkan bagi pendaftar program Pelatihan bisa membuat dalam bahasa Inggris atau bahasa Rusia.

Biaya

Beasiswa pemerintah Rusia hanya mencakup biaya pendidikan selama di kuliah. Mahasiswa harus menyediakan sendiri biaya-biaya lain di luar biaya pendidikan, di antaranya:

    biaya pengurusan visa masuk;
    pengurusan dokumen pendaftaran;
    tiket pesawat dari Jakarta sampai ke kota tujuan di Rusia;
    penjemputan di Rusia;
    visa studi tahunan di Rusia;
    cek kesehatan dan asuransi di universitas masing-masing;
    asrama selama masa studi;
    biaya hidup selama masa studi;
    perlengkapan untuk tinggal di Rusia, seperti perlengkapan musim dingin, alat memasak, alat komunikasi, dan lain-lain.

Penerima beasiswa dapat menyediakan sendiri dana yang dibutuhkan atau menerima bantuan sponsor dari lembaga lain.

PANDUAN SOURCE :  https://id.rbth.com/discover_russia/2017/01/06/panduan-lengkap-mendaftar-beasiswa-pemerintah-rusia_675403

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.