APAKAH KHULAFAURRASYIDIN ITU EMPAT ATAU LIMA

Dalam pelajaran2 agama yang kita dapatkan dari bangku sekolah dasar sampai tingkat yang lebih tinggi,kita memaklumi jika ke khalifahan yang berjalan paska wafatnya Rasulullah dikatakan 4 orang,dari khalifah pertama Abu Bakar ash-Shiddiq,Umar bin Khattab,Utsman bin Affan,ali bin abi thalib.

Lalu kemudian kita memaklumi pula bahwasan nya Rasulullah pernah memberikan sebuah visi kedepan mengenai ke khalifahan yang akan datang setelah beliau wafat kelak dimana kekhalifahan itu akan berjalan selama 30thn.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَافَةُ النُّبُوَّةِ ثَلَاثُونَ سَنَةً ثُمَّ يُؤْتِي اللَّهُ الْمُلْكَ مَنْ يَشَاءُ أَوْ مُلْكَهُ مَنْ يَشَاءُ. [ سنن أبي داود 4029]
Rasulullah saw bersabda: “Khilafah kenabian itu (bertahan) selama 30 tahun kemudian Allah mendatangkan raja-raja kepada yang dikehendaki. (HR. Ahmad)

Hadits lain misalnya pada  Kitab Sunan At Turmudzi hadits no. 2152

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْخِلَافَةُ فِي أُمَّتِي ثَلَاثُونَ سَنَةً ثُمَّ مُلْكٌ بَعْدَ ذَلِكَ
Rasulullah saw bersabda: “Khilafah pada umatku ada tiga puluh tahun setelah itu para raja (sebagai penguasanya). HR. Turmudzi.
Kemudian jika perkataan-perkataan Rasulullah itu selalu benar dan tidak pernah meleset sedikitpun,mari kita hitung jumlah masa kekhalifahan para sahabat,genapkah 30 thn sesuai yg di ceritakan Rasulullah.
  1. khalifah abu bakar ash shiddiq 2 thn-3bln-10hari
  2. khalifah umar bin khattab 10thn-6bln-5hari
  3. khalifah utsman bin affan 12thn kurang 12hari
  4. khalifah ali bin abi thalib 4thn-8bln
Sehingga ketika dijumlahkan maka ketemulah angka 29 tahun,5 bulan ,3 hari..yang berarti jumlah keseluruhan nya adalah kurang dari 30tahun sesuai yang diceritakan oleh Rasulullah,yaitu kurang 7 bulan.

Lalu ketika kondisinya seperti itu,apakah akan dikatakan masih mending karena hampir mendekati dan hanya kurang 7bulan saja,ataukah nanti dulu cari dulu datanya yang jelas siapa tau ada yang tertinggal mengingat ucapan Rasulullah itu sejengkalpun tidak mungkin meleset.

Dan faktanya bahwa memang ada satu orang lagi khalifah setelah ke 4 sahabat beliau,dan sebelum pemerintahan ISLAM berubah menjadi MONARKI/kerajaan yg tahtanya diturunkan kepada putra mahkota itu,bahwasan nya ada satu orang yang terlupakan,hilang dari cerita.yaitu cucu rasulullah sendiri AL-HASAN yg kemudian menjadi khalifah selama 7bln menggenapi apa yang disebut Rasulullah yaitu 30thn,adapun kelebihan waktu 3 hari,itu mungkin dikurangi dng masa musyawarah dewan syura yg ketika pemilihan khalifah pengganti umar bin khattab yang berjalan sangat alot selama 3 hari,sblm beliau kemudian mengundurkan diri dan menyerahkan kepemimpinan kepada muawiyah untuk menghindari pertumpahan darah.

Lalu ketika faktanya AL-HASAN adalah khalifah yang menggenapi nubuwah rasulullah,bagaimana bisa nama AL-HASAN tidak pernah disebut atau diakui sbg khalifah yang menggenapi 30thn tegaknya khulafaur rasyidin..tanya kenapa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.