KISAH SINGKAT KEJATUHAN ISLAM DI ANDALUSIA BAG : 1

KISAH SINGKAT KEJATUHAN ISLAM DI ANDALUSIA BAG : 1
THARIQ BIN ZIYAD PENAKLUK ANDALUS - CORDOVA ( SPANYOL )



.
Pidatonya dicatat dalam sejarah da dikenang sepanjang Sejarah Muslim khususnya, dan Spanyol pun berhasil dikuasai Muslim hampir selama 7 abad. Berikut pidatonya : “Wahai sekalian manusia, ke mana jalan pulang? Laut berada di belakang kalian, musuh di hadapan kalian. Sungguh keberadaan kalian di semenanjung ini lebih sempit daripada keberadaan anak yatim di tengah-tengah perjamuan orang-orang jahat. Sungguh kalian tidak memiliki apa-apa kecuali keikhlasan dan kesabaran. Musuh-musuh kalian sudah siaga, di depan dengan persenjataan mereka.

Jika kita buka kumpulan ceramah KH Zainudin.MZ almarhum ada sekelumit dikisahkan kisah beliau THARIQ BIN ZIYAD ini, ketika beliau membakar perahu perahu guna mengobarkan "semangat Jihad Kaum Muslimin yang mulai timbul ketakutan guna melayani pasukan musuh kala itu.."sejarah lengkapnya bisa dibaca baca dalah kisah tarikh ketika menaklukan Spanyol ini
Kekuatan mereka, besar sekali, sementara, kalian tidak memiliki bekal lain kecuali pedang-pedang kalian, dan tidak ada makanan bagi kalian kecuali yang dapat kalian rampas dari tangan musuh-musuh kalian. Sekiranya perang ini berkepanjangan, dan kalian tidak segera dapat mengatasinya, akan sirnalah kekuatan kalian. Ketakutan mereka terhadap kalian akan berubah menjadi keberadaan terhadap kalian.“ Bukti fisik arsitektur bangunan bercorak Islam, dll di Spanyol adalah bukti nyata kebesara Islam PERNAH singgah didalamnya..namun yang mesti jadi bahan perenungan disini ..bukan mengagumi kehebatannya/penaklukannya yang pernah ada di Spanyol, Namun MENGAMBIL PELAJARAN kenapa setelah 7 Abad ISLAM bisa SIRNA dari ANDALUSIA.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.