MIKE PENCE PADA TURKI :BELI S400 ATAU KELUAR DARI NATO"

Awalnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan di sela-sela KTT NATO di Washington bahwa Turki akan memberitahu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton bahwa pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia adalah ” kesepakatan yang telah dilakukan”, dirilis pada Rabu 3-4-2019 oleh Sputniknews.com.

Beberapa jam setelah pernyataan Cavusoglu itu, Wakil Presiden AS Mike Pence memperingatkan Ankara agar tidak membeli sistem anti-rudal Rusia yang dianggap Washington sebagai ancaman terhadap peralatan militer AS.

“Turki harus memilih. Apakah Turki ingin tetap menjadi mitra penting dalam aliansi militer paling sukses dalam sejarah atau apakah Turki ingin mengambil risiko keamanan kemitraan itu dengan membuat keputusan nekat yang merusak aliansi kita?” Pence mengatakan dalam sambutannya pada acara NATO di Washington.

Rusia dan Turki telah menandatangani perjanjian pinjaman untuk pasokan sistem pertahanan udara S-400 pada 2017. Pada awal Maret 2019, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali bahwa kesepakatan dengan Rusia tentang pengiriman sistem pertahanan udara S-400 telah selesai, dan mengatakan kesepakatan baru tentang pembelian sistem S-500 canggih buatan Rusia dapat dimungkinkan di masa depan.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan kepada Sputnik pada hari Senin 1-4-2019 bahwa pemerintah AS memperingatkan Ankara bahwa mereka dapat menghadapi lebih banyak konsekuensi termasuk sanksi untuk pembelian sistem S-400 Rusia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.