NAFS ANANIYAH

NAFS ANANIYAH

Banyak orang terjebak dalam samudera Nafs Ananiyah tapi ia tak sadar. Karena ia tidak mempelajari atau bahkan acuh pada ilmu-ilmu tentang Nafs dan jenis-jenisnya.
Apa itu Nafs, ada berapa jenis Nafs, apa ciri-ciri Nafs sesuai jenisnya, bagaimana tabiatnya bagaimana pembersihannya, dan sedang terjebak di nafs manakah ia saat ini.

Hal-hal ini tidak akan kau dapati di majelis-majelis ilmu syara' karena ini masuk ranah ilmu-ilmu hati, tabiat-tabiat hati dan gerakan-gerakannya. Ilmu ini dipelajari dalam khazanah Tasawwuf. Yaitu ilmu tentang sifat-sifat jasad, ruh, nafs, aql, qalb, fuad, hatif, dan amalan-amalan batin seperti sabar, syukr, tawakkal, qanaah, tawadhu, ikhlas, khauf, raja', dan anasir-anasir halus lainnya.

Begitu luas dan mendalam ilmu hati ini. Sehingga pantaslah jika Rasulullah saw bersabda : di dalam tubuh anak Adam ada segumpal daging, jika baik daging itu maka baiklah seluruh tubuhnya, jika rusak daging itu maka rusaklah seluruh tubuhnya. Daging itu ialah hati.

Atau ditempat lain beliau Rasulullah saw bersabda: untuk tiap-tiap sesuatu ada pembersihnya dan pembersih hati adalah Dzikrullah.

Maka sangat penting bagi setiap muslimin wal muslimat mu'minin wal mu'minat untuk mencari ilmu tentang hati dan pembersihannya.

Sedangkan kebanyakan orang terjebak dalam Nafs Ananiyahnya yaitu menganggap dirinya lebih baik dari orang lain, pendapatnya lebih benar dari orang lain, ilmunya lebih tinggi dari orang lain, amalnya lebih bagus dari orang lain, bangga akan amalnya atau ilmunya atau bangga akan pendapatnya yang menurutnya sudah benar. Padahal itu semua adalah permainan Nafs Ananiyah (keakuan/egonya)..

Anu Ka hiji :
Pepeling Keur Anjeun
Mun indit kudu geus tepi
Memeh pok kudu geus prak
Ulah poho mun keur inget
Ulah mikir memeh dilamun
Mun nanjak geura turun
Mun lapar kudu peureum

Anu Ka dua :
ngelmu kudu katimu
Ngaji kudu ngajinis
Apal ka sora sorangan
Kudu bisa nimukeun panas mun keur tiis.

Anu Ka tilu :
Rahayu dina diri
Ucap sipat wujud rasa
Rasa moal pasalia jeung nyata
Kudu wawuh kanu jauh
Kudu apal kanu anggang.
Wujud sajatining hirup apal kahurip, hurip lahir-hurip batin-jasmani pipining rohani-apal kadiri asal ti gusti.

Elmu wujud kanyaho
Tina sir anu kawasa
Mun kapanggih diri anu sajati
Moal miring ka gusti

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.