WAHABI ( TDK TERLALU DI TERIMA DI RUSIA ) , HTI DAN IM DILARANG DAN MASUK DALAM DAFTAR ORGANISASI TERORIS SEJAK 2003

WAHABI ( TDK TERLALU DI TERIMA DI RUSIA ) , HTI DAN IM DILARANG DAN MASUK DALAM DAFTAR ORGANISASI TERORIS SEJAK 2003


https://id.rbth.com/discover_russia/2017/01/19/putin-islam-bagian-tak-terpisahkan-dari-kehidupan-spiritual-di-rusia_684266

 Rusia secara resmi menganggap Islam dan agama lainnya sebagai bagian tak terpisahkan dari kebudayaan mereka. Namun demikian, pemerintah akan mengawasi secara ketat agar umat Islam di Rusia tetap patuh kepada otoritas berwenang. Pemerintah akan menindak tegas bahkan melarang aktivitas organisasi yang menentang ataupun yang melakukan serangan secara langsung terhadap negara.

Islam tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan spiritual Rusia, tutur Presiden Rusia Vladimir Putin pada pembukaan Masjid Agung Moskow bulanSeptember 2015 lalu. Putin menekankan bahwa selama berada-abad lamanya, ‘tradisi Islam telah berkembang di Rusia’ dan pemerintah akan terus membantu pengembangan teologi Islam.

Ucapan Putin tersebut secara tidak langsung mencerminkan posisi resmi pemerintah Rusia yang menilai bahwa Islam merupakan agama yang cinta damai dan bersahabat yang tidak ada sangkut pautnya dengan pemahaman sesat kelompok radikal atau teroris. Pada konferensi pers yang berlangsung 23 Desember lalu, Putin mengatakan bahwa ia menentang penggunaan kata ‘Islam’ dan ‘teror’ secara bersamaan.

Islam Salafiyah ‘tidak terlalu diterima’ di Rusia, kata Zagarin. Secara khusus, Konferensi Islam yang berlangsung di Grozny, Chechnya, pada Agustus lalu mengeluarkan fatwa bahwa Salafiyah, Wahabisme, dan kelompok radikal lainnya sebagai ‘sekte’ dan unsur yang tidak diterima di wilayah Rusia.
“Pihak berwenang menduga kelompok Salafiyah sebagai masyarakat yang tidak loyal, atau dianggap berpotensi menjadi pemberontak pada suatu waktu,” kata Direktur Ilmiah dari Pusat Studi Islam Yayasan Marjani Ilshat Saetov.
Berbeda dengan Salafiyah, sejumlah aktivitas organisasi Islam lainnya benar-benar dilarang di wilayah Rusia karena masuk dalam daftar organisasi teroris dan ekstrimis.
Selain ISIS atau al-Qaeda, daftar ini juga memuat gerakan-gerakan yang tidak menunjukkan agresi secara terang-terangan terhadap Rusia, seperti Hizbut Tahrir dan Ikhwanul Muslimin — keduanya masuk dalam daftar organisasi teroris di Rusia sejak 2003.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.