MESJID PERTAMA DI MOSCOW

Masjid Historis, Moskow, 1883
"Siapa yang pernah berkunjung ke Moskow maka sesungguhnya ia mengenal Rusia," ucap sejarawan terkenal Rusia Nikolay Karamzin. Memang, sejarah komunitas Muslim di Moskow mencerminkan sejarah Islam Rusia secara keseluruhan, yang tak jarang menyimpan kenangan masa-masa sulit dan terkadang nasib tragis.

 Berbagai sejarawan memperkirakan masjid pertama di Moskow muncul pada abad ke-16, ke-17 (pada 1782), dan bahkan pada abad ke-19. Namun, banyak pula yang percaya—dengan didukung berbagai alasan—bahwa rumah ibadah umat Islam di Moskow telah muncul jauh lebih awal.

Fakta yang berhubungan dengan penaklukkan Rusia oleh Gerombolan Emas (bahasa Inggris: Golden Horde) — sebuah dinasti Mongol-Turki pada abad pertengahan yang wilayahnya membentang dari Eropa Timur hingga Siberia Barat — pada abad XIII–XV di Moskow membuat munculnya sejumlah pemukiman muslim. Tentu saja, di mana terdapat komunitas muslim, di situ pula terdapat rumah-rumah ibadah untuk menyembah Allah.

Dokumentasi penemuan pertama sebuah masjid di Moskow mencatat pada tahun 1712. Masjid tertua muncul di wilayah Tatar, yaitu di wilayah pedesaan Tatar Zamoskvorechye. Banyak penerjemah bangsa Khan, pedagang, dan buruh yang menetap di desa tersebut.

 Masjid pertama di Moskow terbuat dari kayu dan berada di halaman rumah seorang penerjemah urusan luar negeri Pangeran Sulmamit Murza Simenei.

Pada sekitar tahun 1770-an, di Mosow muncul wabah penyakit pes yang mengakibatkan sebagian penghuni masjid dan pangeran itu sendiri meninggal. Ahli warisnya sang pangeran kemudian menjual rumah tersebut kepada pedagang Schukin. Sementara, masjid itu sendiri sudah sangat tua dan dihancurkan. Selanjutnya, di masa itu ibadah dilakukan di rumah-rumah pedagang lokal.

Masjid Historis, Moskow, 2015. Foto: Sergey Mikheev, RG
Setelah bertahun-tahun melewati proses birokrasi, izin pembangunan masjid akhirnya didapat pada tahun 1823. Sebuah rumah ibadah dibangun di halaman rumah seorang pedagang Nazarbai Hamalov, tetapi dalam arsitektur rumah ibadah ini sama sekali tidak menunjukkan identitas agama. Bangunannya bahkan tidak mencolok di antara rumah-rumah lainnya. Namun demikian, masjid ini memenuhi syarat utama dari otoritas Moskow saat itu, yaitu rumah tak berpenampilan seperti masjid dan tidak disebut sebagai masjid. Dari tampilan bangunannya, rumah ibadah ini terlihat seperti rumah biasa berlantai satu dengan satu menara di atas pintu masuknya. Bangunan semacam ini termasuk bentuk umum tempat ibadah umat muslim pada tahun 1880.

Pada perkembangannya, pada abad ke-19 masjid ini mendapat status katedral (dan mulai abad ke-20 disebut sebagai Masjid Katedral di Gang Vypolzov yang dibangun pada tahun 1904). Sekarang masjid ini dikenal dengan nama "Masjid Historis".

Alamat: ulitsa Bolshaya Tatarskaya, No. 28

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.